Senin, 13 April 2020

KEFIR UNTUK KISTA

Kefir Atasi Kista

Filed in MajalahObat tradisional by admin trubus on 16/03/2020

Kefir bening atau whey kaya laktoferin untuk detoksifikasi.

Rutin mengonsumsi kefir terbukti membantu mengatasi kista.

Aneng Sadiah Solihah rutin mengonsumsi kefir bening.
Aneng Sadiah Solihah merasa nyeri di perut sebelah kiri pada awal 2017. Padahal, warga Kota Bandung, Jawa Barat itu tidak sedang menstruasi. “Rasanya kram dan sakit hingga punggung,” tutur Aneng. Perempuan 29 tahun itu segera memeriksakan kondisinya ke dokter di Rumah Sakit Hermina Bandung. Aneng menjalani pemeriksaan menyeluruh antara lain ultrasonografi dan rontgen.
Hasilnya terdapat kista sebesar 5 cm di ovarium kiri. Yang membuat kaget Aneng terdapat janin di rahim. “Dokter juga kaget, sebab harusnya wanita hamil tidak boleh rontgen,” katanya. Aneng makin waswas, sebab 3 tahun sebelumnya sempat keguguran dan mengalami kuretase.  Menurut dokter spesialis obsetri-ginekologi dari Rumah Sakit dr Sardjito, Yogyakarta, dr. Muhammad Nurhadi Rahman, SpOG, perempuan lumrah mengalami kitsa
Kefir bening
Muhammad Nurhadi Rahman mengatakan, kista adalah cairan yang terbungkus oleh suatu kantong tipis yang dapat tumbuh di bagian mana pun di tubuh.. Prevalensinya sekitar 7% dari populasi perempuan mengalami kista ovarium. Kista bisa menimbulkan sakit atau keluhan jika terpuntir, pecah, atau tumbuh hingga melebihi 5 cm Penanganan kista jika sudah masuk kategori parah lazimnya dengan operasi.
Selama sebulan dokter mersepkan beberapa jenis obat. Namun, hasilnya nihil. Khawatir dengan kondisi Aneng yang mengandung, akhirnya dokter menyarankan untuk terapi kefir bening susu kambing. Total selama 2 pekan Aneng menghabiskan hingga 10 liter kefir bening. Mengonsumsinya 2—3 kali sehari, sebelum sarapan dan sebelum makan malam. Setelah dua pekan konsumsi kefir bening, Aneng merasakan zat seperti pasir keluar saat berkemih.

Konsumsi rutin kefir membantu meredakan kista.
Setelah kejadian itu Aneng memeriksakan kondisinya ke rumahsakit. “Dokter kembali menyarankan untuk ultrasonografi ginjal kiri, kanan, dan perut,” katanya. Hasil laboratorium membuat dokter heran. Batu ginjal hilang—semula hasil rontgen menunjukkan ada batu ginjal. Selain itu kista pun mengecil  menjadi 2 cm dan jain tetap tumbuh sehat. Sebuah kabar gembira bagi Aneng.
Dokter pun menyarankan pemerikasaan lanjut dari poli urologi beralih ke poli kandungan. Aneng meneruskan konsumsi kefir bening selama masa kehamilan. “Alhamdulillah bayi sehat walau masa kehamilan relatif prematur hanya 7 bulan. Bobot lahirnya normal 2,8 kg,” kata Aneng. Hingga kini Aneng rutin dan sang buah hati masih rutin mengonsumsi kefir susu kambing. Minimal 5 mililiter per hari. Hingga kni keluhan nyeri di perut kiri sudah tidak terasa.
Antikanker

Produsen kefir di Kota Cimahi, Jawa Barat, Teddy Cahya Setyadi.
Menurut praktikus kefir di Kota Cimahi, Jawa Barat, Teddy Cahya Setyadi, kefir bening atau whey kaya laktoferin sehingga baik untuk detoksifikasi. Selain itu whey juga bisa menggantikan peran oralit sehingga manjur untuk mengatasi dehidrasi. Metabolisme seseorang pun kembali membaik berkat whey.
Kefir pangan kaya probiotik pun bisa membantu mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh. Caranya dengan menyeimbangkan mikroorganisme pada usus. Jika sistem imun optimal tentu mencegah patogen dan bisa melawan sel yang bertransformasi menjadi tumor. Teddy menyarankan konsumsi kefir kolostrum untuk membantu pengobatan penyakit degeneratif seperti tumor atau kanker agar hasil lebih optimal.
Kefir kolostrum kaya lactalbumin yang berperan mengeliminasi sel kanker tanpa mengganggu sel sehat. Faedah lain kefir kolostrum membantu regenerasi sel sehingga sohor sebagai serum antipenuaan. Pencernaan dan metabolisme lebih sempurna sehingga bisa juga berfaedah untuk menanggulangi insomnia.
Penelitian Mohammadreza Sharifi dari  Isfahan University of Medical Sciences, Iran, menunjukkan bahwa kefir pangan antikanker. Beberapa senyawa bioaktif kefir seperti polisakarida dan peptida memiliki potensi besar untuk menghambat proliferasi dan induksi apoptosis dalam sel tumor. Menurut Sharifi kefir adalah pangan kaya sumber hayati antikanker. Sebab, memiliki sifat antiinflamsi dan imunomodulator atau mengoptimalkan kekebalan tubuh.
Probiotik aktif pada kefir dapat menginduksi aktif makrofag, sehinggamengoptimalkan fagositosis. Artinya merangsang sistem imun optimal memangsa patogen dan sel degeneratif. Faedah lainnya kefir pangan kaya antioksidan. Asupan kefir meningkatkan tingkat glutathione peroksidase dan mengurangi tingkat malondialdehyde, yang terlibat dalam kontrol stres oksidatif.
Pangan antioksidan tinggi tentu juga berperan sebagai antikarsinogen. Faedah lain pangan asal pegunungan kaukasus itu juga bisa berperan sebagai pencegah kerusakan deoxyribonucleic(DNA). Bagi Aneng Sadiah Solihah pangan itu multikhasiat karena terbukti menekan kista, membuang batu ginjal, sekaligus   membantu menjaga kesehatan janin. (Muhamad Fajar Ramadhan)
- See more at: http://susukambingbandung.com/berita/detail/kefir-untuk-batu-ginjal-dan-kista-64643.html#sthash.GeJrkqCC.dpuf

Kamis, 06 Februari 2020

KEFIR UNTUK GERD

Kefir Akhiri Masalah Lambung

Sumber : Majalah Trubus Online
Filed inMajalahObat tradisional by  on 14/01/2020

Kefir kaya asam laktat. Meski kefir bercita rasa masam tetap aman bagi kulit.

Konsumsi kefir membantu mengatasi penyakit GERD.

Evi Aprilianti rutin mengonsumsi kefir untuk mengasi penyakit GERD.
Bobot tubuh Evi Apriliyanti trun drastis. Semula perempuan asal Kabupaten Sidorajo, Jawa Timur, itu berbobot 53 kg, turun menjadi 39 kilogram. Penurunan bobot itu setelah dokter mendiagnosis Evi positif mengidap penyakit gastroesophageal reflux disease atau GERD. Menurut dokter di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, dr. Erry Kusaeri Eriansyah, GERD berbeda dengan gastritis yang sohor di masyarakat dengan istilah sakit mag. Ciri GERD terdapat reflak atau cairan asam lambung yang naik hingga esofagus.
Adapun pada kasus gastritis terdapat peradangan di mukosa lambung. Penyebab GERD beragam, bisa juga berawal dari gastritis. Faktor pendukungnya bisa gara-gara kebiasaan tidur atau telentang setalah makan. Faktor lainnya karena mengonsumsi makanan atau minuman terlalu pedas, masam, dan infeksi bakteri. Helicobacter pylori salah satu bakteri yang menggerogoti dinding lambung.
Minum kefir
Menurut Erry pengobatan GERD bisa berlangsung 2—4 pekan tergantung tingkat keparahan. Upaya pencegahan berupa menjaga pola makan teratur. Hindari makanan masam, pedas, terlalu banyak minyak, dan kopi. “Paling utama hindari kebiasaan tidur setelah makan,” kata alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Lampung itu.
Selama mengidap GERD, Evi selalu cemas setiap kali usai makan. Setelah makan ia kerap merasa sesak, perut begah, dan napas terengah-engah. Kondisi itu membuat Evi minder dalam bersosialisai dengan tetangga dan saudara. Itulah sebabnya ia berupaya mengatasi gangguan kesehatan itu. Evi mengonsumsi kefir atas saran suami.
Sejak akhir 2018 ia mengonsumsi segelas kefir. Frekuensi konsumsi 3—4 kali sehari. Pagi hari Evi sarapan 200 ml kefir, 50 ml kolostrum, dan buah. Ibu 4 anak itu kembali mengonsumsi 100 ml kefir pada sore hari. Sementara itu pada malam hari ia menikmati 200 ml kefir dan 50 ml kolostrum. Ia disiplin menyantap produk olahan susu dan merasakan perubahan signifikan setelah sebulan, yakni tidak merasakan gejala GERD.

Kopi tidak disarankan bagi penderita GERD karena masam.
Gejala yang hilang itu antara lain rasa seperti terbakar di dada atau heartburn, bersendawa, mual, dan muntah. Keruan saja Evi girang bukan main. Selain itu bobot tubuh Evi berangsur membaik. Bobot meningkat rata-rata 1 kilogram per bulan setelah 6 bulan rutin mengonsumsi kefir. Pada Desember 2019 bobot tubuh menjadi 47 kilogram. Menurut produsen kefir di Kota Bandung, Jawa Barat, Ir. Andang Kasriadi, ketika asam lambung berlebih, kefir akan bekerja menyerap asam lambung dengan protein dan lemak.

Penderita GERD kerap waswas setelah menyantap makanan.
Minuman asal Pegunungan Kaukasus itu juga menjaga lambung pada suasana masam. Kefir memang mengandung asam laktat tetapi tidak iritatif. “Asam laktat aman bagi kulit banyak pembersih wanita yang menggunakan asam laktat sebagai komponen aktif,” kata Andang. Ia menuturkan, dengan menjaga pH lambung tetap rendah, maka pompa asam lambung “berpendapat” bahwa lambung sudah cukup masam, dan menghentikan produksinya.
Atasi mental

Ketua Komunitas Kefir Indonesia, Ir. Andang Kasriadi.
Menurut Andang kefir dengan asam laktatnya disebut juga sebagai “acid pump inhibitor” atau penghambat pompa asam. Selanjutnya bakteri probiotik pada kefir menggiring bakteri H. pylori keluar dari lambung dan dengan sistem kompetisi sumber makanan, menindas keberadaan bakteri itu. Protein, lemak, serta berbagai enzim pada kefir bekerja untuk memperbaiki dinding lambung atau mukus, sehingga kerusakan lambung kembali pulih.
Mukus pada lambung melakukan regenerasi setiap 2–5 hari, sehingga sejauh gizi memadai kerusakan bisa cepat pulih. Andang mengatakan, masyarakat dapat menggunakan kefir prima atau kefir optima. Kefir prima merupakan kefir yang menggunakan starter grain sebagai bahan fermentasi. Adapun optima merupakan kefir dengan starter kefir prima sebagai bahan fermentasi.
Penambahaan kefir kolostrum sangat mempercepat penyembuhan penderita GERD. Menurut Andang persoalan yang cukup berat dalam menangani pasien sakit lambung adalah mental. Sering kali penderita mag akibat stres dan pikiran negatif. Penderita GERD atau gastritis bisa muntah dan menolak pada saat proses pengobatan dengan kefir.
Bila penderita GERD kooperatif dan memiliki semangat untuk sembuh dan penyakit masih ringan lebih mudah teratasi. Umumnya dua pekan hingga 3 bulan pun sembuh. Selain itu faktor kejiwaan sering kali lebih dominan. Andang mengatakan, gangguan kecemasan hampir selalu menyertai pasien. Dari sisi fisiologis Andang meyarankan, penderita mengonsumsi kefir prima dengan tambahan 15% kefir kolostrum.
Tujuannya agar katup otot esofagus yang melemah dapat segera teratasi. Namun, mengatasi masalah kecemasan bukan hal mudah. Gangguan itu pada umumya bisa diatasi dalam 6 bulan. Itulah sebabnya, psikolog perlu mendampingi untuk membantu meredakan masalah mental pasien. (Muhamad Fajar Ramadhan)

KEFIR BUBUK COLD PROSES

Cara Praktis Menikmati Kefir

Sumber : Majalah Trubus Online
Filed in MajalahObat tradisional by  on 10/12/2019

Mengonsumsi kefir lebih praktis dengan adanya inovasi kefir bubuk.

Cara baru dan praktis menikmati kefir dengan mengonsumsi bubuk kefir dan kefir kapsul.
Konsumen harus menunggu minimal 12 jam untuk menikmati kefir. Minuman kaya gizi itu melewati proses fermentasi. Namun, Didin Muhidin hanya perlu 5 menit untuk menikmati minuman khas Pegunungan Kaukasus itu. Produsen kefir di Kota Bandung, Jawa Barat, itu menciptakan inovasi berupa serbuk kefir. Penikmat kefir hanya perlu memasukan 10 gram kefir bubuk, 50—100 mililiter air, dan satu sendok madu. Didin mengingatkan untuk menggunakan air matang dingin.

Kolostrum mengandung gizi berlipat dibandingkan dengan susu biasa.
Penggunaan air panas menyebabkan gizi keifir berupa enzim dan probiotik justru rusak. Menurut Didin faedah kefir tidak hilang meski mengalami pengolahan. Didin yang juga berternak kambing perah mengolah kefir dengan metode pengeringan beku. Menurut dosen dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Purwiyatno Hariyadi, teknik pengeringan beku mulai berkembang saat perang dunia ke-2.
Pengeringan beku
Menurut Hariyadi pangan pertama yang menggunakan produk pengeringan beku adalah kopi instan. Proses pengeringan beku meliputi proses pembekuan dan pengeringan atau sublimasi. Contohnya pada kopi. Seduhan kopi dibekukan pada suhu minus 40℃. Tujuannya agar proses pembekuan cepat, sehingga menghasilkan produk beku tanpa merusak tekstur produk.
Proses selanjutnya pengeringan atau sublimasi. Pengeringan memasukkan produk beku pada vakum. Kristal es dipaksa mengalami sublimasi dengan perlakuan tekanan dan suhu. Tekanan pada ruang vakum biasanya dipertahankan pada 0,036 psi atau sekitar 0,0025 bar. Kemudian suhu bertahap naik hingga sekitar 38℃, sehingga terjadi sublimasi. Pada saat itu menghasilkan uap air. Petugas menyedot dan mengondensasikan uap air itu sehingga tidak membasahi produk.
Menurut Hariyadi kelebihan pengeringan beku produk mudah disegarkan kembali dan mampu mempertahankan nilai gizi. Itulah alasan Didin lebih memilih proses pengeringan beku dibandingkan dengan pengeringan menggunakan suhu tinggi. Menurut Ketua Komunitas Kefir Indonesia (KKI), Ir. Andang Kasriadi, pemanasan susu di atas suhu 38℃ menyebabkan penurunan gizi produk.
Banyak enzim akan rusak akibat proses pemanasan. Probiotik pada kefir pun bisa berkurang bahkan mati pada suhu tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya produsen menggunakan pengeringan beku. Pendinginan lebih ramah bagi kefir dibandingkan dengan pemanasan.

Kolostrum serbuk bahan baku kefir. Daryono menyajikan kefir dalam bentuk kapsul.
Menurut Didin kefir bubuk bisa juga berfungsi sebagai bibit atau starter untuk membuat kefir. Caranya memfermentasikan pada susu segar. Sepuluh gram kefir bubuk untuk memfermentasi 1 liter susu segar. Kemudian masukkan campuran itu ke dalam stoples, tutup rapat, dan simpan pada suhu ruang selama 24—48 jam. Setelah susu menggumpal sempurna dan tercium aroma tapai artinya susu menjadi kefir.
Kapsul kefir

Produsen kefir di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Imam Daryono.
Imam Daryono di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, juga mengolah kefir dengan pengeringan beku. Bedanya, Imam membuat kefir dalam bentuk kapsul. Ia hanya memanfaatkan susu kolostrum atau susu sapi 24 jam pertama pascamelahirkan. Menurut produsen kefir di Kota Cimahi, Jawa Barat, Teddy Cahya Setyadi, gizi kolostrum berlipat dibandingkan dengan susu sapi normal.
Kolostrum antara lain mengandung immunoglobulin 80 kali lipat, protein 5 kali lipat, insulin 100 kali lipat, dan vitamin-A 10 kali lipat dibandingkan dengan susu biasa. Imam tertarik mengolah kefir menjadi kapsul untuk mengobati putranya yang kurang prima. “Dokter menduga ada gangguan paru-paru,” paparnya. Putranya kerap beraktivitas padat. Konsumsi kefir dalam bentuk cair agak merepotkan. Itulah sebabnya ia mengolah kefir menjadi bentuk kapsul.
Putranya rutin mengonsumsi 2 kapsul per hari selama 2 pekan dan sembuh total. Keluhan sakit pun tidak terasa dan lebih bugar. Menurut Imam kelebihan kefir dalam bentuk kapsul lebih praktis dan tahan simpan pada suhu ruang. Khasiat kefir pun masih tetap terjaga. Menurut Imam kefir kapsul bisa tahan hingga 1 tahun pada suhu ruang, asalkan tida terpapar sinar matahari langsung. Kini konsumsi kefir kian mudah tinggal menambahkan air atau telan dalam bentuk kapsul. (Muhamad Fajar Ramadhan)

KEFIR UNTUK VITALITAS

Perkasa Karena Kefir

Sumber : Majalah Trubus Online
Filed in MajalahObat tradisional by  on 04/02/2020

Kefir kolostrum meningkatkan stamina pria.

Kefir terbukti membantu stamina pria.

Imam Daryono, produsen kefir di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat
Satria Prakasa—atas permintaan diri nama disamarkan—merasa lebih bugar setelah rutin mengonsumsi kefir. Pria 30 tahun itu makin perkasa di atas pembaringan. Ia mengonsumsi kefir atas anjuran Imam Daryono,  produsen di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Semula Satria merasa lemas sehingga frekuensi “bertemu” istri juga rendah. Namun, setelah rutin mengonsumsi kefir vitalitasnya meningkat.
Menurut dosen Departemen Epidemiologi Penyakit Tropik, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang, dr. Ari Udijono, M.Kes, FIAS, kemampuan ereksi yang optimal sangat dipengaruhi kualitas pengisian darah dalam korpus kavernosa penis. Bila terjadi gangguan pada pengisian darah, kualitas ereksi seseorang menjadi tidak optimal alias disfungsi ereksi.
Kolostrum
Atas saran Daryono Satria mengonsumsi kefir untuk mengatasi masalah kesehatan itu. Ia mencampur 200 ml kefir, 2 sendok makan madu, dan 2 sendok makan jus herba. Imam Daryono mengatakan, jus herba itu terdiri atas ramuan beragam tanaman obat (baca boks: Racikan Makin Kuat). Satria mengaduk campuran ketiga bahan itu—kefir, madu, dan herba—hingga rata dan meminumnya sebelum makan.
Frekuensi konsumsi 2 kali sehari pada pagi dan sore sebelum makan malam. Baru dua hari mengonsumsi ramuan itu, vitalitas Satria makin baik. Imam Daryono menyebut ramuannya dengan nama kefir cinta. Selain dalam bentuk cair, wiraswastawan itu juga menyediakan kefir cinta dalam bentuk kapsul. Konsumen tinggal minum sehingga lebih praktis.
Pria 43 tahun itu memanfaatkan kolostrum sebagai bahan baku kefir. Kolostrum merupakan susu yang dikeluarkan induk sapi 24—168 jam setelah melahirkan. Ia memilih kolostrum sapi daripada kolostrum kambing karena, “Kolostrum sapi dihasilkan lebih banyak sehingga masih dapat disisihkan untuk anak sapi.” Menurut periset di Fakultas Peternakan, Universitas Muhammadiyah Malang, Khusnul Khotimah dan rekan kolostrum sapi mengandung zat-zat aktif untuk imunitas seperti immunoglobulin, laktoferin, dan lisozim.

Olahan kefir kolostrum dalam bentuk kapsul lebih praktis.
Pria kelahiran 8 Februari 1976 itu memfermentasikan kolostrum selama 24 jam. Menurut Daryono bahan susu untuk kefir sejatinya dapat menggunakan jenis susu apa saja. Baik susu segar maupun kemasan dapat difermentasikan dengan bibit kefir. Namun, kolostrum lebih kaya nutrisi. Daryono mengatakan, kefir cinta memperbaiki fungsi tubuh, salah satu efeknya adalah afrodisiak alias meningkatkan stamina pria.
Ramuan herba
Bagaimana duduk perkara kefir membangkitkan gairah pria? Menurut produsen kefir di Kota Cimahi, Jawa Barat, Teddy Cahya, selama proses fermentasi menghasilkan asam amino esensial. Berkat bantuan mikroorganisme di dalamnya memungkinkan penetrasi nutrisi teralirkan ke seluruh subsistem tubuh. “Yang diawali dari perbaikan sistem pencernaan, dapat bermanfaat terhadap saraf vagus,” kata Teddy.
Saraf vagus atau saraf kranial ke-10 merupakan saraf yang berfungsi mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh dan kembali ke otak. Tubuh yang mengonsumsi kefir akan mendapatkan sinyal untuk memperbaiki bagian yang rusak dengan nutrisi kefir. “Khususnya kefir dari bahan susu kolostrum sangat bermanfaat untuk mencegah, menekan, hingga mengatasi serangan virus. Kefir jenis itu mengandung imunoglobulin (IGa, IGb) yang cukup tinggi,” kata alumnus Universitas Padjadjaran itu.
Produsen kefir lain, Adhie Lam, mengatakan, kefir juga berperan menormalisasi darah termasuk pembuluh darah di organ genital, sehingga oksigen terdistribusi dengan baik. Oleh karena itu, gairah kaum pria yang mengomsumsi kefir pun meningkat. Selain itu, Satria juga mengonsumsi jus herba yang terdiri atas umbi bawang putih, bawang merah, dan rimpang jahe yang membantu pemulihan.
Menurut dr. Prapti Utami, M.Si., rimpang jahe mengandung gingerol. Senyawa utama dalam jahe itu memberikan rasa hangat dan pedas. Menurut dokter alumnus Universitas Diponegoro itu khasiat jahe merah, bawang putih adalah melebarkan pembuluh darah, termasuk pembuluh darah lembut di penis juga menjadi lancar. Adapun bawang merah berkhasiat anti inflamasi, lemon dan teh hijau sebagai antioksidan.
Daun teh hijau juga berperan meningkatkan gairah. Daun tanaman angggota famili Theaceae itu berkhasiat untuk memicu hormon dopamin khususnya pada laki-laki. Selain memanfaatkan kefir, Teddy menuturkan, kesembuhan datang bila kesehatan rohani juga sehat. Artinya kesembuhan hanya datang dari Tuhan Maha Kuasa. “Manusia hanya berusaha. Maka dari itu hubungan vertikal alias kepada Tuhan dan horizontal yakni sesama manusia haruslah baik,” kata Imam Daryono. (Hanna Tri Puspa Borneo Hutagaol)

Minggu, 29 Desember 2019

KEFIR UNTUK ALERGI

Kefir Akhiri Alergi

Sumber : Majalah Trubus Online
Filed in Obat tradisional by  on 05/11/2014
Kefir berkhasiat membantu menyembuhkan penyakit kulit seperti dermatitis
Kefir berkhasiat membantu menyembuhkan penyakit kulit seperti dermatitis
Bebas alergi kulit setelah rutin konsumsi kefir.
Celana atau rok panjang menjadi busana wajib bagi Desi Anggraeni. “Saya enggan ke luar rumah bila tidak mengenakan kedua pakaian itu,” ujarnya. Padahal, hati kecil Desi ingin sekali mematut diri dengan rok atau gaun sebatas lutut saja. Namun, apa daya luka kemerahan dan bernanah menutupi nyaris seluruh permukaan betis kanan. “Saya harus menutupinya agar tidak terlihat orang lain,” katanya.
Kejadian itu bermula pada 2012. Luka itu muncul dari sekumpulan gelembung mungil mirip jerawat yang menimbulkan gatal. Desi mengira kondisi itu hanya gatal-gatal biasa karena gigitan serangga. “Ketika gatal menyerang kadang juga disertai sensasi panas,” ujarnya. Acap kali ibu satu anak itu tidak sanggup menahan dan menggaruk bagian yang gatal. Akibatnya kulit berubah menjadi ruam-ruam merah, melepuh, dan bernanah.
Alergi
Ketika gatal itu menyerang, Desi Anggraeni biasanya menaburkan bedak antigatal. Namun, upaya itu tak menyelesaikan masalah. Warga Kotamadya Batu, Provinsi Jawa Timur, itu lantas bergegas ke dokter terdekat. Dokter mendiagnosis Desi positif dermatitis atau eksem yakni penyakit kulit yang menyebabkan peradangan sehingga membentuk lepuhan berisi cairan bila pecah.
“Kefir mengandung probiotik untuk mengoptimalkan kinerja sel dalam tubuh,” kata dr Prapti Utami
“Kefir mengandung probiotik untuk mengoptimalkan kinerja sel dalam tubuh,” kata dr Prapti Utami
“Penyebabnya alergi makanan olahan laut seperti udang,” tutur Desi. Oleh sebab itu dokter menyarankan agar Desi berhenti mengonsumsi hidangan laut. Dokter lantas meresepkan obat berupa 3 jenis tablet. Desi mengonsumsi ketiga obat itu 3 kali sehari. Selain itu ia juga rutin mengoleskan salep 3 kali sehari. “Yang saya ingat salah satu tablet itu adalah antibiotik,” kata Desi.
Selang sepekan, ruam merah dan kulit yang melepuh berangsur hilang. Wanita berusia 29 tahun itu pun bisa kembali menggunakan pakaian apa saja yang diinginkan. “Saya mematuhi perintah dokter untuk tidak tergiur menyantap sajian laut,” ujarnya. Sayang, kerinduan menikmati lezatnya hidangan laut kerap datang menggoda. Pada awal 2014, Desi tergiur menyantap udang goreng.
“Saat menyantap udang, saya sudah waswas,” ujarnya. Benar saja sejam kemudian mulai muncul rasa gatal. Kali ini pada betis kiri. Keesokan hari terlihat ruam kemerahan dan melepuh menutupi nyaris seluruh permukaan kulit. Desi sadar betul cara terbaik untuk mencegah dermatitis agar tidak kambuh adalah mengikuti saran dokter untuk menghindari makanan laut.
Namun, apa lacur hasrat itu sudah tak terbendung. Dokter dan herbalis di Tangerang Selatan, Provinsi Banteng, dr Prapti Utami, mengatakan bahwa kondisi Desi merupakan bentuk reaksi tubuh terhadap alergi. “Setiap orang memiliki respon berbeda dalam menanggapi hadirnya alergen, Bisa berupa asma, bersin, pilek, hidung tersumbat, atau gatal-gatal,” ujar dokter alumnus Universitas Diponegoro itu.
 Alergen pemicu radang kulit alias dermatitis bisa berupa makanan
Alergen pemicu radang kulit alias dermatitis bisa berupa makanan
Alergen adalah zat yang memicu timbulnya alergi. Dermatitis karena alergi bisa disebabkan oleh beragam faktor antara lain makanan, udara, kontak dengan bahan tertentu misalnya karet, dan zat kimia seperti deterjen dan sabun mandi. Dampak gatal di kulit merupakan pertanda sistem imun di tubuh menolak alergen. Dokter akan meresepkan salep atau krim untuk mengurangi peradangan. Bila daerah eksem luka dan bernanah maka diberikan antibiotik untuk membunuh bakteri.
Kefir
Dalam kondisi gatal, Desi enggan ke dokter. Ketika itulah seorang sahabat menyarankan untuk mengonsumsi kefir. “Saya masih asing mendengar nama kefir, kawan saya menjelaskan bahwa kefir adalah fermentasi susu kambing,” katanya. Karena berharap sembuh, ia memenuhi saran teman untuk mengonsumsi minuman yang mengandung lebih dari 10 bakteri baik antara lain Lactobacillus kefir, Acetobacter aceti, dan Streptococcus thermophilus.
Desi minum 30—50 ml kefir setiap pagi, siang, dan malam hari. Selain itu, ia juga mengompres luka menggunakan handuk yang sudah dicelupkan ke dalam kefir. “Efek penyembuhan memang tidak secepat obat kimia, tetapi saya lebih memilih kefir sebab lebih alami,” ujarnya. Ia baru merasakan khasiat kefir setelah 6 bulan. “Frekuensi gatal berkurang dan luka lambat laun mengering,” katanya. Kulit pun sedikit demi sedikit mulus kembali.
Pasien dermatitis juga dapat memanfaatkan daun mimba
Pasien dermatitis juga dapat memanfaatkan daun mimba
Prapti Utami menuturkan kefir merupakan minuman probiotik yang berguna sebagai penyeimbang tubuh. “Bakteri yang terkandung di dalamnya membantu sel-sel dalam tubuh agar bekerja optimal sehingga mampu meregenerasi sel yang rusak,” katanya. Ia mengatakan kefir juga mengandung multivitamin dan protein sehingga membentuk antibodi. Dampaknya, daya tahan tubuh terhadap alergen meningkat.
Namun, kecepatan penyembuhan itu bergantung pada kondisi tubuh pasien. Asupan nutrisi yang baik dan tercukupi mampu mempercepat proses kesembuhan pasien. Prapti menuturkan selain kefir, herbal lain yang mampu membantu menyembuhkan penyakit kulit adalah mimba Azadirachta indica. Mimba mengandung anticendawan, antibakteri, dan antiparasit sehingga baik digunakan untuk mengobati infeksi kulit oleh bakteri atau cendawan.
Ia menganjurkan pasien dermatitis untuk mengonsumsi ekstrak daun mimba berupa kapsul. Dosisnya 1 kapsul 3 kali sehari. Dokter alumnus Universitas Diponegoro itu juga meresepkan daun mimba kering untuk mandi. Menurut peneliti mikrobiologi susu dari Balai Besar Pascapanen Pertanian, Sri Usmiati SPt MSi, khasiat kefir terhadap kesehatan kulit lantaran globula lemak yang akan masuk ke kulit lebih kecil sehingga kulit menjadi lebih halus. (Andari Titisari)\

KHASIAT KEFIR

Fakta Faedah Kefir

Sumber : Majalah Trubus Online
Filed in MajalahTopik by  on 01/03/2017
Kefir memiliki beragam khasiat mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki.
Kefir mengandung asam amino esensial yang dapat meregenerasi sel.
Kefir mengandung asam amino esensial yang dapat meregenerasi sel.
Selena Anggraini—enggan disebutkan nama sebenarnya—mendambakan kulit mulus. Kenyataannya berbalik dengan harapan. Wajah perempuan 20 tahun itu berjerawat dan kusam. Kondisi itu berimbas pada penurunan kepercayaan diri Selena. Tak ingin berlama-lama menjalani kondisi itu, pada 2016 Selena memutuskan mengunjungi dokter kecantikan di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.
Belum sampai tuntas perawatan ia terpaksa menghentikannya karena pindah domisili ke Kota Depok, Jawa Barat. Berharap segera menemukan solusi, Selena mengikuti saran seorang rekan untuk menggunakan krim berbahan kefir susu sapi. Pemakaian dua kali sehari, pagi dan malam. Selena mengoleskan sepertiga saset krim ke seluruh muka. Setelah 45 menit, ia mengeringkan dan membilasnya dengan air bersih.
Pangan multiguna
Dampak penggunaan krim kefir secara rutin, “Setelah pemakaian muka terasa lebih kencang,” kata Selena Anggraini. Alumnus Universitas Padjadjaran itu menuturkan pertama kali menggunakan krim kefir muka terasa gatal dan perih. Namun ia membiarkannya karena menganggap efek kefir mulai bekerja. “Seminggu kemudian jerawat berkurang dan muka terlihat lebih bersinar,” tuturnya.
Selama sepuluh hari pertama penggunaan krim kefir dua kali sehari. Setelahnya ia mengurangi frekuensi penggunaan menjadi sekali sehari. Kefir andal memelihara kesehatan kulit. Beberapa produsen di tanahair pun mengeluarkan produk berbahan kefir untuk kecantikan. Kemal Faisal Ferik di Bandung, misalnya, memproduksi delapan jenis produk kecantikan berbahan kefir seperti krim siang, krim malam, krim payudara, dan sabun.
Calir atau lotion berbahan kefir membantu melembapkan kulit dan melindungi kulit tubuh dari sinar matahari. Adapun tabir payudara berfungsi mengencangkan kulit dan melembapkan kulit di sekitar buah dada. Keseluruhan produk Faisal telah tersertifikasi Badan Pengolahan Obat dan Makanan (BPOM). “Bahan dasarnya kefir asal susu kambing dan kefir susu kedelai,” kata Faisal.
Produsen kefir di Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat, Tedi Cahya pun demikian. Setidaknya ia memproduksi 400 jenis kosmetik berbahan kefir. Beberapa di antaranya sabun khusus pencuci wajah, calir, dan masker. Khasiat kefir bagi kulit tidak hanya untuk kecantikan, tetapi baik juga untuk mengatasi dermatitis. Cara konsumsi dapat diminum dan dioles ke bagian kulit yang mengalami alergi.
Antikolesterol
Produk kecantikan berbahan kefir.
Produk kecantikan berbahan kefir.
Dokter penganjur herbal di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, dr Prapti Utami, menuturkan kefir mengandung multivitamin dan protein sehingga dapat membentuk antibodi. Dampak konsumsi kefir daya tahan tubuh terhadap alergen meningkat. Itulah sebabnya frekuensi gatal pada penderita dermatitis berkurang dan luka lambat-laun mengering. Kulit pun sedikit demi sedikiti mulus kembali.
Selain untuk kesehatan kulit, kefir juga memiliki segudang khasiat bagi kesehatan. Menurut Faisal kefir dapat menjadi solusi berbagai penyakit. Misalnya penyakit gangguan pencernaan, asma, diabetes mellitus, kista, stroke, hepatoprotektor, dan kolesterol. Sebab, “Di dalam kefir terdapat 60 mikrob yang bermanfaat untuk membantu regenerasi sel,” kata Faisal.
Khasiat kefir untuk kolesterol sejalan dengan riset Sandy Eka Pratama dari Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro. Sandy menguji kefir secara praklinis dengan memberikan kefir berbahan susu sapi pada tikus yang dibuat hiperkolesterolemia. Peneliti memberikan kefir dengan dosis beragam, 1,5 ml, 2 ml, 3 ml, dan kontrol. Perlakuan diberikan selama 15 hari.
Pada akhir penelitian terbukti kefir mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau Low Density Lipoprein (LDL) secara signifikan. Penurunan kolesterol LDL paling tinggi pada perlakuan 2 ml per hari. Tingkat penurunannya dari 196,57 mg/dl menjadi 38,95 mg/dl. Artinya penurunan kolesterol sebesar 157,62 mg/dl atau 80,18%. Sementara dosis perlakuan 3 ml per hari penurunan kolesterol sebesar 73,23 mg/dl atau (73,12%), yakni dari 100,14 mg/dl menjadi 26,91 mg/dl.
Bakteri asam laktat
Sandy menjelaskan mekanisme kefir menurunkan kolesterol LDL karena adanya aktivitas bakteri asam laktat pada proses fermentasi kefir. Aktivitas fermentasi bakteri asam laktat pada susu kefir menghasilkan senyawa ibuprofen yang dapat menghambat oksidasi LDL. Selain itu ibuprofen juga mencegah pembentukan radikal bebas. Senyawa ibuprofen turunan dari asam propionat yang merupakan asam lemak rantai pendek yang dihasilkan dari proses fermentasi bakteri asam laktat.
Fermentasi bakteri asam laktat juga berimbas pada turunnya pH. Akibatnya terjadi pemisahan kolesterol LDL dari reseptornya. Kemudian kolesterol LDL diuraikan menjadi asam amino, kolesterol, dan asam lemak bebas. Akibatnya jumlah kolesterol dalam tubuh berkurang. Jumlah kandungan bakteri asam laktat mempengaruhi penurunan kolesterol LDL. Dosis efektif jumlah kandungan bakteri dalam menurunkan kolesterol LDL kisaran 107—108 CFU per hari pada manusia, sedangkan hewan percobaan 107—109 CFU per hari.
Penggunaan calir atau lotion kefir dapat melembutkan kulit.
Penggunaan calir atau lotion kefir dapat melembutkan kulit.
Kegunaan lain kefir sebagai pelindung hati alias hepatoprotektor. Seperti riset Erna Susanti dari Akademi Farmasi Putra Indonesia. Erna menguji kefir secara praklinis pada tikus yang dipapar formalin. Periset membagi sampel dalam tiga perlakuan, yaitu kelompok aquades, kelompok induksi formalin 225 ppm sebanyak 0,5 ml, dan kelompok kefir 107 CFU per ml sebanyak 0,5 ml. Pengujian dilakukan selama 14 hari.
Hasilnya kelompok perlakuan kefir memiliki perbaikan kondisi tubuh seperti bobot tubuh meningkat, bulu kembali tumbuh, feses dan urine yang kembali normal. Artinya terjadi peningkatan imunitas selama terapi kefir berlangsung. Itu karena peranan bakteri asam laktat dan difidobacteria yang terkandung dalam kefir. Daya tahan tubuh meningkat karena dinding sel bakteri asam laktat mengandung muramyl dipeptida dan peptidoglikan.
Keduanya memicu sel T dan sel B limfosit untuk memproduksi antibodi. Khamir yang terkandung dalam kefir juga menghasilkan senyawa antibakteri (bakteriosin). Dengan begitu luka atau infeksi cepat membaik lantaran aktivitas antibiotik bakteriosin. Adapun pada gambaran mikroskopis hepar sampel, terlihat tingkat kerusakan hati yang lebih kecil dibanding dengan kontrol.
Tingkat kerusakan hati perlakuan kefir hanya 52, sedangkan kelompok formalin 98. Peneliti menduga berkurangnya jumlah kerusakan hati pada kelompok kefir karena kandungan asam amino esensial yang terkandung dalam kefir. Asam amino esensial berperan memperbaiki sel-sel yang rusak dengan merangsang pembentukan sel baru. (Desi Sayyidati Rahimah/Peliput: Muhamad Fajar Ramadhan)

KEFIR UNTUK ASAM URAT

Kefir Atasi Asam Urat

Sumber : Majalah Trubus Online
Filed in MajalahObat tradisional by  on 08/06/2017
Kefir bening terbukti secara empiris mengatasi derita asam urat.
Kefir bening terbukti secara empiris mengatasi derita asam urat.
Konsumsi kefir menetralkan tumpukan asam urat.
Pascastrok, Sri Mulyanto menghentikan konsumsi daging kambing dan segala asupan tinggi kadar lemak. Namun, ia tidak mampu menahan godaan makanan kesukaannya, yaitu kacang goreng. Ia bisa menghabiskan 1 stoples kacang goreng sekali makan. Kegemaran itu membawa penderitaan baru bagi pegawai negeri sipil di Kota Semarang, Jawa Tengah, itu. Suatu malam Mulyanto menghabiskan satu stoples kacang goreng sambil menonton televisi.
Esok paginya, ia tidak mampu bangun dari tempat tidur karena merasakan rasa sakit luar biasa di kaki kanannya sehingga tidak bisa menekuk atau menggerakkan. Ia panik karena menduga strok yang pernah dideritanya menyerang lagi. Namun, setelah berpikir ulang ia merasa tidak ada masalah dengan badan bagian atas dan masih mampu digerakkan. Kesadaran dan kemampuan menalar pun tidak terganggu.
Tinggi purin
Mulyanto menduga gejala yang timbul pagi itu bukan strok. Ternyata setelah mengunjungi klinik, dokter mengungkap kadar asam uratnnya mencapai 7,5 mg/dl. Normalnya kurang dari 6 mg/dl. Secara alamiah purin terdapat dalam tubuh. Menurut dokter di Rumah Sakit Tentara dr Soedjono, Magelang, Jawa Tengah, dr Guntur Heri Putranto, asam urat berasal dari zat purin yang terdapat dalam makanan.
Sri Mulyanto tidak lagi terganggu nyeri asam urat.
Sri Mulyanto tidak lagi terganggu nyeri asam urat.
Makanan tinggi purin antara lain otak, telur ikan, dan remis. “Sumber lain, daging unggas, kerang-kerangan, dan kacang-kacangan,” kata dr Guntur. Tubuh mengubah purin menjadi asam urat yang berbentuk kristal putih, tidak berbau, tidak berasa, dan tidak larut air. Dalam kondisi normal, kristal itu keluar melalui ginjal ke dalam air seni. Namun, bila terjadi penumpukan dalam tubuh, kristal itu mengendap di persendian.
Pengendapan itu mengakibatkan persendian nyeri, bengkak, dan radang. Pada gejala berat asam urat, sendi sampai tidak bisa bergerak. Mulyanto mengonsumsi berbagai obat, dari obat medis yang harganya tidak murah hingga obat alternatif berupa bermacam-macam herbal. Sayang, perubahan tidak kunjung terasa. Rasa sakit di lutut kanan tidak kunjung hilang, bahkan kerap mendera amat sangat sampai rasanya seperti ditusuk-tusuk jarum.
Akibatnya bungsu dari 2 bersaudara itu ketika berjalan sering pincang menahan rasa sakit di bagian lutut. Aktivitas ibadahnya pun acap kali terganggu. Ia merasakan sakit luar biasa setiap sujud ataupun duduk di antara du asujud. ”Saya pernah terjungkal saat salat karena kaki bisa mampu menekuk,” kata Mulyanto. Penderitaan itu ia rasakan selama hampir tiga tahun.
Khasiat kefir
Kacang salah satu makanan tinggi purin.
Kacang salah satu makanan tinggi purin.
Suatu hari ketika berada di bengkel untuk pengecekan rutin kendaraannya, Mul melihat spanduk di toko bertuliskan kefir bening (whey kefir) untuk mengobati asam urat. Tanpa pikir panjang ia segera mendatangi toko itu dan bertanya tentang kefir. Ia lantas memborong 30 botol kefir bening atau untuk persediaan sebulan. Sebotol (600 ml) kefir ia habiskan dalam sehari untuk diminum pada pagi, siang dan sore.
Selama konsumsi kefir, Mulyanto merasakan banyak perubahan. Nyeri di lutut berkurang, tubuh terasa segar, dan stamina meningkat. Pada akhir bulan konsumsi rasa nyeri di lututnya sudah hilang.Ia dapat melakukan joging dengan nyaman tanpa rasa nyeri. Walaupun keringat bercucuran, napasnya masih teratur. Ia juga dapat melakukan gerakan beladiri yang dulu pernah ia pelajari.
Berlari merupakan aktivitas yang menyakitkan bagi Sri Mulyanto saat menderita asam urat.
Berlari merupakan aktivitas yang menyakitkan bagi Sri Mulyanto saat menderita asam urat.
Bahkan secara fisik dan gerakan tubuh, ayah 2 putri itu tidak terlihat seperti seorang yang pernah terserang strok. Menurut produsen kefir di Kelurahan Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Drs. Imam Muhidin Setonegoro, B.A., asam urat disebabkan karena pola konsumsi yang tidak baik. Contoh utamanya adalah nasi, yang menjadi porsi terbesar dalam menu makan sebagian besar masyarakat Indonesia.
Setelah makan, minuman yang dikonsumsi Mulyanto teh manis. Nasi dan teh manis merupakan sumber glukosa yang sangat tinggi. Glukosa akan mengikat kolesterol dan asam urat sehingga kandungannya di dalam darah sangat tinggi. Akibatnya terjadi penumpukan pada daerah atau organ tubuh. Itulah yang memicu penumpukan asam urat pemicu nyeri persendian.
Whey
Whey adalah bagian kefir berupa cairan keruh transparan dan berada di bawah. Sementara itu, bagian putih kental di atas disebut curd. Imam menyatakan bahwa curd dan whey mulai terpisah 6—24 jam pascapenambahan biang (grain) ke dalam susu. Produsen kefir biasanya menyaring curd untuk memperoleh grain, yang mereka gunakan untuk produksi kefir berikutnya.
Komposisi dan porsi makan yang tidak baik menjadi penyumbang masalah kesehatan.
Komposisi dan porsi makan yang tidak baik menjadi penyumbang masalah kesehatan.
Menurut Imam khasiat kefir antara lain memperlancar metabolisme, meregenerasi sel rusak, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kefir juga membantu mengencerkan darah, melarutkan kolesterol, dan asam urat dalam darah lalu membuangnya melalui air seni. Fungsi itulah yang menurunkan kadar asam urat darah sehingga keluhan nyeri reda. Imam yang memproduksi kefir sejak 1989 itu memang khusus menjual kefir whey.
Selain asam urat, konsumen membeli kefir buatannya untuk mengatasi diabetes mellitus, kanker getah bening, atau memperbaiki fungsi ginjal. Apa pun kandungannya, bagi Sri Mulyanto kefir adalah obat mujarab yang meningkatkan kualitas hidup pada usia senja. (Muhammad Awaluddin)

KEFIR UNTUK KISTA